Posted by : Unknown Selasa, 25 Desember 2012



Siapa yang paling pantas mendapat gelar 'Man of The Year 2012?'
Berdasar mesin pencari data di Google, jawabnya adalah Jokowi? Joko Widodo alias Jokowi untuk sementara memimpin daftar 10 Public Figure Indonesia paling banyak dicari-cari beritanya di mesin pencari Google.
Pesaing beratnya bukan sesama pejabat publik Indonesia, melainkan Ayu Ting Ting yang berada di peringkat kedua, Budi Doremi di posisi ketiga, disusul almarhum Ade Namnung dan Eza Gionino.
Ini adalah fenomena menarik, seorang public figure di jalur politik mengalahkan sederet nama artis?
"Mengalahkan popularitas artis tentu tak mudah bagi para politikus yang terlanjur menjadi public enemy dengan Hambalang dan Century-nya. Buktinya, selain Jokowi, tidak ada politikus yang nyempil di lima besar," tulis Yaser Ace, seorang blogger.
Mengapa Jokowi meroket? Inilah penilaian Yaser Ace
Pemasar Politik yang Otentik
Pada malam penganugerahan Marketeer of the Year, Jokowi mengakui bahwa ilmu pemasaran telah mendarah dan mendaging dalam tubuhnya. Dia menerapkannya jauh sebelum terjun ke politik, tepatnya saat menjadi pengusaha. Blusukan ala sales door to door..
"Intinya, marketing politik dan marketing yang lain itu sama saja. Bagaimana soal positioning-nya, bagaimana diferensiasinya. Begitu juga dengan personal brand-nya," kata Jokowi di acara Markplus Conference 2013, Jakarta.
Yang beda, Jokowi mengaplikasikan teori itu tanpa kepalsuan. Pemasarannya menjadi otentik karena tidak dibuat-buat. Tidak satu-dua hari prosesnya. Bilangan tahun telah menguji otentisitas dirinya yang selalu berorientasi kepada masyarakat kecil. Telah berurat berakar dalam dirinya. Dia menuturkan, pengalaman blusukannya didapat karena pernah 3 tahun menjadi sales. Door to door bukanlah aktifitas yang aneh baginya.
Lewat berbagai gebrakannya, Jokowi berhasil membangun Solo: Perijinan beres lewat pendekatan satu atap; Pengusaha kecil tenang tanpa penggusuran; Suara rakyat didengar langsung; Kesehatan dan pendidikan ditanggung.
Dan berikutnya, Jakarta memberi kesempatan Jokowi. Mampukah?
Ada Wanita Kuat di Baliknya
Di balik kesuksesan seorang pria pasti ada sosok wanita kuat di belakangnya. Sebaliknya di balik keruntuhan pria, ada wanita gagal di baliknya. Fenomena ini tergambar ketika kita melihat betapa menggilanya para wanita menggelontorkan uang hasil jerih payah korupsi suaminya.
"Untuk tingkat lokal, saya sering melihat para istri pejabat lebih berkuasa dari suaminya-lebih berkuasa menghabiskan duit rakyat," tulis Yaser Ace, di situs Kompasiana.
"Bagaimana dengan istri Jokowi? Hingga saat tulisan ini anda baca, saya tidak mendengar, membaca dan melihat satu pun berita negatif tentangnya. Yang saya ingat adalah dia merias sendiri dan memilih mengenakan kebaya bekas saat Jokowi dilantik menjadi Gubernur DKI. Amat sulit berprasangka nyeleneh kepada Ny. Jokowi," lanjut Yasser.
Setidaknya ada dua hal tersebut sependek ingatan saya. Meski pantas, saya tak ingin berlebihan memujinya. Karena semua yang dilakukannya adalah hal yang biasa, hanya waktunya yang luar biasa tepat-saat rakyat berada di puncak kemuakan pada politikus korup, birokrat bobrok dan mafia peradilan.
(Agung Budi Santoso)
10 Kandidat Kuat 'Man of The Year 2012' Versi Google
Jokowi
Ayu Ting Ting
Budi Doremi
Ade Namnung
Eza Gionino
Judika
Sheila Marcia
Dahlan Iskan
Valia Rahma
Cakra Khan

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Followers

Visitor

Alexa Rank

- Copyright © 2013 Skyticle -Robotic Notes- Powered by Blogger - ReDesigned by Julius Daniel -